Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Terkadang kita tidak mengetahui mengapa tubuh terasa aneh ketika baru saja memakan makanan yang sebenarnya sehat. Namun secara tidak sadar makanan yang terasa sehat akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi bersamaan bahkan bisa menyebabkan kematian. Inilah jenis makanan yang harus dihindari untuk tidak dikonsumsi bersamaan dalam rentan waktu yang hampir bersamaan.

  • Susu kedelai dengan telur 
Meskipun makanan ini sehat, namun bisa juga dapat berbahaya. Hal ini diikarenakan susu kedelai dapat kurangi kegiatan dari enzim protease, yakni enzim yang dipakai oleh tubuh untuk membantu proses memetabolisme protein di dalam tubuh. Sementara seperti yang diketahui selama ini telur adalah makanan yang kaya dapat protein. Jadi perut akan terasa mual jika kedua makanan ini dikonsumsi bersamaan.

  • Susu dengan coklat 
Secara umum susu kaya akan kandungan protein serta kalsium sementara coklat mengandung oxalic acid. Yang jika dikonsumsi secara bersamaan akan mengakibatkan kalsium dari susu serta oxalic acid dari coklat akan menyatu sehingga membentuk suatu senyawa kalsium oksalat yang tidak bisa larut didalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan anda diare.

  • Buah kesemek dengan kentang manis 
kentang akan menghasilkan asam hidroklorik didalam perut, asam ini dapat mengakibatkan buah kesemek yang dikonsumsi mengendap didalam tubuh. Endapan tersebut dapat menjadi batu yang pastinya tidak dapat larut dalam tubuh sehingga dapat mengganggu pencernan.

  • Buah-buahan dengan makanan laut 
Beberapa buah-buahan tidak cocok jika dipadukan dengan makanan laut, seperti buah anggur, delima atau kesemek. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut memiliki kandungan tannin yang bila dipadukan dengan protein dapat membuahkan zat yang tidak larut serta tidak dapat dicerna dan tentunya akan mengakibatkan mual serta perut kembung dan rasa sakit pada perut serta diare. Alangkah baiknya konsumsi buah-buahan tersebut 4 jam sesudah makan makanan laut.

  • Produk susu dengan brokoli, kacang kedelai serta bayam 
Zat kimia yang terdapat didalam sayuran seperti brokoli, kacang kedelai dan bayam dapat memberikan dampak negatif pada sistem metabolisme kalsium pada produk susu. Agar terhindar dari bahaya efek samping dari makanan-makanan tersebut, ada baiknya anda tidak konsumsi makanan tersebut sekaligus dalam satu waktu. Tapi berilah rentan waktu antara kedua makanan tersebut dan juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut.

  • Daging dengan minuman bersoda
Daging sangatlah rentan beroksidasi menjadi zat berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan minuman bersoda. Hal ini diperkuat oleh adanya penelitian yang pernah dilakukan dilaboratorium internasional. Efek yang didapat pun tidak kecil, karena akan menyebabkan kematian.

Ditulis Oleh : MiniGadget Hari: 22:39 Kategori:

0 komentar:

Post a Comment