Efek Negatif Dari Begadang Dan Jarang Tidur

Tubuh Manusia dapat diibaratkan dengan sebuah mesin yang sedang digunakan, suatu waktu mesin tersebut tetaplah harus dimatikan dan diistirahatkan untuk beberapa saat untuk menjaga performanya. Mengistirahatkan mesin sangat membantu mengurangi resiko kerusakan pada mesin tersebut. Begitupun halnya dengan tubuh kita yang terdiri dari berbagai macam sistem yang juga perlu untuk diistirahatkan.

Ada banyak organ tubuh yang sering aktif bekerja begitupun dengan sistem metabolisme yang harus berjalan setiap saat. Untuk menghindari rusaknya sistem dalam tubuh tersebut setidaknya kita membutuhkan waktu untuk meringankan beban aktif tubuh kita. Tidur merupakan salah satu jalan yang paling direkomendasikan agar kita bisa mengistirahatkan sistem dalam tubuh kita. Kekurangan tidur atau terlalu sering begadang dapat mengakibatkan beberapa dampak yang cukup menakutkan.

Efek awal yang umumnya terjadi yakni seringnya mengalami sakit kepala dan tentunya akan berujung pada penyakit-penyakit kronis seperti stroke, kegemukan, diabetes, amnesia hingga kanker. Kekurangan jam tidur serta tidur yang tidak teratur akan berefek pada seluruh bagian tubuh yang dimulai dari bagian kepala hingga pencernaan akan mengalami masalah. Apalagi jika sifat begadang ini ditunjang dengan kebiasaan yang selalu dilakukan ketika susah tidur di malam hari seperti bermain game, menggunakan komputer, memakan makanan ringan dan sebagainya.

Seperti yang diketahui, tidur yang direkomendasikan oleh para dokter paling tidak selama 6-8 jam sehari semalam dan tentu saja dengan kondisi lampu yang padam. Pada kondisi tersebut, maka tubuh akan dapat meregenerasi diri dengan baik, bahkan dapat membentuk sistem pertahanan diri yang baik dari berbagai masalah penyakit seperti kanker. Ketika Anda tidur untuk mengistirahatkan diri, maka tubuh juga akan terhindar dari kerusakan tulang seperti yang dilansir dari majalah harian "Huffington Post".

Tidur teratur serta berkualitas, mampu meringankan kinerja beban otak sehingga dapat membuat kita terhindar dari masalah kepikunan dan sulit berkonsentrasi. Namun bila Anda sedang dalam kondisi sangat lelah, sebaiknya pindahkan bantal yang di kepala untuk digunakan menyangga betis dan lutut Anda serta tidurlah dalam posisi terlentang dan lampu dipadamkan. Karena seaktif apapun kegiatan kita, tetapi kita tetap perlu menjaga kondisi tubuh agar sistem didalam tubuh mendapatkan perawatan serta istirahat yang cukup.

Ditulis Oleh : Jasa Ijazah Amanah Hari: 20:56 Kategori:

0 komentar:

Post a Comment