Cara Ampuh Meningkatkan Daya Ingat

Dalam kehidupan seseorang apalgi yang berstatus sebagai pelajar, daya ingat merupakan kunci utama dalam menghadapi setiap ujian harian amupun ujian akhir. Namun tahukah anda bahwa terdapat salah satu metode yang ampuh dalam meningkatkan daya ingat maupun hafalan anda. Metode ini dinamakan "MNEMONIK". Metode mnemonik ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu yang diprakarsai oleh bangsa yunani kuno yang dulunya sangat menjunjung tinggi kemampuan dalam mengingat.

Sejumlah strategi dalam mengingat pun dirancang oleh negarawan Yunani dan Romawi pada masa itu untuk membantu mereka dalam hal mengingat sebagian besar informasi yang digunakan untuk membuat para pendengar terkesan saat mereka berpidato atau berdebat di suatu rapat senat. Bahkan saat ini, metode mnemonik telah dikembangkan dengan mengacu pada teknik-teknik peningkat daya ingat yang dapat dikuasai setiap orang.

Saat ini banyak orang yang baru menyadari bahwa ketika mereka menerapkan teknik mnemonik untuk menghafal, maka proses mengingatnya akan menjadi lebih mudah. Secara umun metode Mnemonik selalu menggunakan prinsip asosiasi, yaitu informasi yang akan diingat akan dihubungkankan dengan informasi lain yang mudah diingat. Adapun tekhnik yang sering digunakan untuk menghapal menggunakan metode mnemonik ini yakni :
  • Tekhnik Loci
Istilah Loci dapat diartikan sebagai lokasi yakni suatu metode mnemonik yang berfungsi dengan cara mengasosiasikan tempat-tempat atau benda-benda di lokasi yang dikenal dengan hal-hal yang ingin anda ingat. Misalnya anda akan memberikan presentasi yang mengandung tiga topik utama. Setiap bagian presentasi akan dihubungkan dengan pasak (penanda) yang mewakili urutan isi presentasi. Contoh kecil penggunakan metode mnemonik ini yakni ketika anda ingin mengingat daftar belanjaan yang terdiri dari tomat, mie, pisang, dan saus sambal yang akan dibeli saat perjalanan pulang. Sehingga ketika anda akan pulang ke rumah dengan mengendarai mobil maka anda harus mampir ke toko swalayan dalam perjalanan pulang untuk membelinya. Terkadang banyak orang yang sering lupa dan baru mengingatnya ketika telah sampai dirumah. Sehingga jika anda ingin tetap mengingatnya maka luangkan waktu anda untuk membayangkan hal hal berikut : "Tomat-tomat itu pecah dan berserakan di bagasi mobil, saat anda menutup pintu bagasi, tomat-tomat tersebut muncrat ke baju anda dan meninggalkan noda seperti noda saus sambal . Ketika masuk mobil, mobil sangat kotor dimana ada mie bergelantungan di kaca spion, ada roti di kursi mubil dan ketika masuk anda menginjak pisang di lantai mobil". Dengan membayangkan kejadian buruk tersebut maka secara tidak langsung anda akan mengingat semua daftar belanjaan tersebut ketika anda hendak pulang dari tempat kerja, saat menuju mobil dan melihat bagasi dari jarak jauh, maka anda akan langsung mengingat semua balanjaan tersebut dengan hanya melihat bagasi mobil.
Jadi inti dari tekhnik Loci ini yakni semakin aneh dan konyol imajinasi yang anda bayangkan, maka semakin mudah pula untuk mengingatnya.
  • Teknik Kata Kunci
Salah satu metode mnemonik ini telah digunakan orang selama bertahun-tahun, terutama dalam hal mengingat istilah istilah asing serta suatu konsep abstrak. Metode ini merupakan asosiasi lain yang menghubungkan kualitas verbal dan visual kata yang berlafal mirip dengan kata atau konsep yang akan diingat. Misalnya untuk mengingat arti kata hiperbola (suka berlebihan dalam menceritakan sesuatu), coba bayangkan seorang kiper yang tidak dapat menangkap bola yang melambung terlampau tinggi. Contoh lain yakni untuk mengingat kata cucumber (bahasa inggris dari ketimun) cara mengingatnya kata tersebut dengan cara mengasosiasikannya dengan kalimat atau bisa juga dengan membayangkan "ada cucu mandi diember" kalimat itu mudah kita ingat dikarenakan sering terjadi di kehidupan manusia, dengan begitu kata cucumber pun akan mudah diingat karena divisualisasikan dengan kata cucu dan ember
  • Teknik Kata Penghubung
Menghubungkan adalah proses mengaitkan atau mengasosiasikan satu kata dengan kata yang lain melalui sebuah aksi atau gambaran. Strategi ini biasa digunakan dengan sistem kata penanda untuk mengingatkan serangkaian informasi dalam urutan tertentu. Misalnya saja nomor telepon 085210767547 (No. Hp admin nech,,hehehe). Untuk mengingatnya, tentu saja nomor awalnya (0852) sudah pasti dihafal karena itu no seri umum kartu AS yang dihafal diluar kepala, untuk angka berikutnya anda dapat mengingatnya dengan menggunakan urutan kejadian seperti 10 tahun yang lalu siswa SMA 7 tawuran dengan siswa SMA 6. siswa SMA 7 mendapat bantuan dari siswa SMA 5 dan SMA 4 yang membuat SMA 7 memenangkan tawuran tersebut. Dengan alur cerita tersebut akan membantu anda dalam mengingat nomor telepon terebut. Namun anda juga dapat menyederhanakan proses mengingatnya dengan mengkombinasikan nomor tersebut dalam beberapa unit. Kunci dalam metode ini yakni membuat hubungan dengan menggunakan imajinasi. Hubungan yang dibentuk tidak perlu logis atau realistis, yang penting hubungan itu dapat memicu ingatan anda.
  • Akronim dan akrostik
Kedua istilah ini pada dasarnya sama yakni merupakan suatu singkatan kalimat yang dibuat dalam satu kata yang terdiri dari huruf pertama dari kalimat tersebut. Contohnya SulSel yang merupakan singkatan dari sulawesi selatan. Tekhnik ini merupakan tekhnik favorit admin yang biasa saya gunakan untuk pelajaran Fisika dan kimia saat SMA terutama saat pengkodean warna isolator, bahkan sampai sekarang admin masih ingat urutannya diluar kepala.(curcol...curhat colongan).

Semoga dengan cara ini dapat membantu anda dalam meningkatkan daya ingat dan menghapal pelajaran. Apalagi saat mendekati ujian harian dan UAN......Good Luck......

Ditulis Oleh : Jasa Ijazah Amanah Hari: 21:52 Kategori:

1 komentar: