Fitur dan Kelebihan Windows 8

Windows 8 merupakan nama dari versi terbaru dari Microsoft Windows, yakni serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk diterapkan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis,netbook, tablet, laptop, PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan microprosesor ARM selain microprosesor x86 tradisional buatan intel dan AMD.
Antarmuka penggunaannya diubah agar mampu digunakan pada peralatan berjenis layar sentuh (touch screen), sehingga windows 8 ini cenderung dibuat untuk perangkat tablet touchscreen.
Adapun persyaratan minimal penggunaan windows 8 dapat dilihat pada tabel berikut :

Beberapa Fitur - Fitur Windows 8
  1. Desain aplikasi windows 8 UI yang dibuat dari bahasa pemprograman apa saja, seperti : HTML/CSS, Java Script, C, C++, dsb.
  2. Hilangnya tombol start dan digantikan oleh Start Screen dan Charms.
  3. Kompatibel dengan perangkat yang berspesifikasi rendah seperti tablet, netbook, laptop, bahkan Smartphone sekalipun.
  4. Portabel pada USB (windows to go).
  5. Windows Explorer menggunakaan Ribbon seperti Office 2007 dan 2010.
  6. Hybrid Boot yakni fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting (biasanya hanya 8 detik)
  7. FFitur recovery baru yakni Refresh (mengembalikan semua file windows kekondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, serta aplikasi windows 8 UI), Reset (mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan)
  8. Rancangan baru dari windows task manager
  9. proses aktifasi yang mudah.
Kelebihan Windows 8
  1. Toko aplikasi Windows Store, Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.Mendukung NFC (Near Field Communications)
  2. Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.
  3. Waktu boot yang singkat, dalam demonya start-up windows 8 hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
  4. Internet Explorer 10, Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.
  5. Sekuriti lebih baik, Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.
  6. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC, Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini, karena besar kapasitas yang digunakan OS ini hanya berkisar di bawah 1gb, bahkan windows 8 pro hanya membutuhkan sekitar 300mb memory, jauh lebih ringan dibanding windows 7 yang memakai lebih dari 1gb
Itulah sedikit penjelasan mengenai windows 8, jadi sobat punkgawa silahkan memilih untuk tetap menggunakan windows lama sobat atau beralih ke windows 8.

Ditulis Oleh : Jasa Ijazah Amanah Hari: 20:26 Kategori:

0 komentar:

Post a Comment